Minggu, 20 Juni 2010

PALESTINA - ISRAEL 3
Dari Masa ke Masa


1897 ¤ THEODORE HERZL menggelar kongres zionis sedunia pertama di Basel Swiss. Peserta Kongres-I Zionis mengeluarkanp resolusi, bahwa ummat Yahudi tidaklah sekedar ummat beragama,namun adalah bangsa dengan tekad bulat untuk hidup secara berbangsa dan bernegara. Dalam resolusi itu, kaum zionis menuntut tanah air bagi ummat Yahudi-walaupun secara rahasia-pada "tanah yang bersejarah bagi mereka". Sebelumnya Inggris hampir menjanjikan tanah protektorat Uganda atau di Amerika latin! Di kongres itu, Herzl menyebut, zionisme adalah jawaban bagi "diskriminasi dan penindasan" atas ummat Yahudi yang telah berlangsung ratusan tahun. Pergerakan ini mengenang kembali, bahwa nasib ummat Yahudi hanya bisa diselesaikan di tangan ummat Yahudi sendiri. Di depan kongres, Herzl berkata: "Dalam 50 tahun akan ada negara Yahudi !!!" Apa yang direncanakan Herzl menjadi kenyataan pada 1948. ¤¤¤

"PERJALANAN" kaum Yahudi, mulai dari kelahiranya sampai kongres zionis sedunia pertama yang diprakarsai Theodore Herzl. Pada kongres itulah dicetuskan tuntutan tanah air bagi kaum Yahudi. Berikut ini "PERJALANAN" tuntutan itu :

1916 ¤ Perjanjian rahasia Sykes-Picot oleh sekutu (Inggris,Perancis,Rusia) dibuat saat meletusnya PD-I, untuk mencengkeram wilayah-wilayah Arab dari Khilafah Utsmaniyah dan membagi-bagi di antara mereka. PD-I berakhir dengan kemenangan sekutu. Inggris mendapat kontrol atas Palestina. Di PD-I ini, Yahudi Jerman berkomplot dengan Sekutu untuk tujuan mereka sendiri (memiliki pengaruh atau kekuasaan yang lebih besar).

Tidak ada komentar: