Senin, 21 Juni 2010

PALESTINA - ISRAEL 2
Dari Masa ke Masa

621 ¤ NABI MUHAMMAD SAW melakukan perjalanan ruhani : Isra' dari masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan Mi'raj ke langit. Rosulullah menetapkan Yerusalem sebagai kota suci-3 ummat Islam, sholat di masjidil Aqso dinilai 500 kali dibanding sholat di masjid yang laen selain Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Masjidil Aqsa juga menjadi kiblat ummat Islam sebelum pindah ke Ka'bah.

622 ¤ Hijrah Nabi ke Madinah dan pendirian negara Islam (yang seterusnya disebut Khilafah). Nabi mengadakan perjanjian dengan penduduk Yahudi di Madinah dan sekitarnya, yang dikenal dengan "Piagam Madinah".
626 ¤ Pengkhianatan Yahudi dalam perang Ahzab (atau peran parit) dan berarti melanggar Piagam Madinah. Sesuai dengan aturan di Kitab Taurat mereka sendiri, mereka dibunuh atau di usir.


638 ¤ Di bawah UMAR BIN KHATH-THAB, seluruh Palestina dimerdekakan dari penjajah Romawi. Seterusnya seluruh penduduk Palestina, muslim maupun non muslim, hidup aman dibawah khilafah. Kebebasan beragama dijamin.

700 - 100 ¤ Wilayah Islam meluas dari Asia Tengah, Afrika hingga Spanyol. Di dalamnya, bangsa Yahudi mendapat peluang ekonomi dan intelektual yang sama. Ada beberapa ilmuwan yang terkenal di dunia Islam yang sesungguhnya adalah orang Yahudi.

1076 ¤ Yerusalem dikepung tentara salib dari Eropa. Karena pengkhianatan kaum munafik (sekte Drusiah yang mengaku Islam tapi ajarannya sesat),
pada 1099 tentara salib berhasil menguasai Yerusalem dan mengangkat seorang raja Kristen. Penjajahan ini berlangsung hingga 1187, sampai Salahuddin al Ayyubi membebaskannya, setelah ummat Islam yang terlena sufisme yang sesat bisa dibangkitkan kembali.
1453 ¤ Setelah melalui proses reunifikasi dan revivitalisasi wilayah-wilayah khilafah yang tercerai-berai setelah hancurnya Baqdad oleh tentara Mongol (1258), khilafah Utsmaniyah di bawah Muhammad Fatih menaklukkan Konstantinopel, dan mewujudkan nubuwwah Rasullah.

1492 ¤ Andalusia sepenuhnya jatuh ke tangan Kristen Spanyol (reconquista). Karena cemas suatu saat ummat Islam bisa bangkit lagi. Maka terjadi pembunuhan, pengusiran dan pengkristenan massal. Hal ini tak cuma diarahkan pada Muslim namun juga pada Yahudi. Mereja lari ke wilayah khilafah Utsmaniyah, di antaranya ke Bosnia. Pada 1992 Raja Juan Carlos dari Spanyol secara resmi meminta maaf kepada pemerintah Israel atas HOLOCAUST 500 tahun sebelumnya.

1500 - 1700 ¤ Kebangkitan pemikiran Eropa, munculnya sekularisme (pemisahan gereja-negara), nasionalisme dan kapitalisme. Mulai kemajuan teknologi modern di Eropa. Abad penjelajahan samudera dimulai. Mereka mencari jalur alternatif ke India dan Cina, tanpa melalui daerah-daerah Islam. Tapi berikutnya mereka didorong semangat kolonialisme/imperalisme.
1529 ¤ Tentara khilafah berusaha menghentikan arus kolonialisme/imperialisme serta membalas reconquista langsung ke jantung eropa dengan mengepung Wina, namun gagal. Tahun 1683 kepungan diulang, dan gagal lagi. Kegagalan ini terutama karena tentara Islam terlalu yakin pada jumlah dan perlengkapannya. "...yaitu ketika kamu menjadi congkak karena banyaknya jumlahmu, maka jumlah yang banyak itu tidak
memberi manfa'at kdpadamu sedikitpun, dan bumi yang luas itu terasa sempet olehmu, kemudian kamu lari kebelakang dan bercerai-berai." (QS. 9:25)

1798 ¤ Napoleon berpendapat bahwa bangsa Yahudi bisa diperalat bagi tujuan-tujuan Perancis dan Timur Tengah. Wilayah itu secara resmi masih di bawa khilafah.
1831 ¤ Untuk mendukung strategi "devide et impera" Perancis mendukung gerakan nasionalisme Arab, yakni Muhammad Ali di Mesir, dan Pasya Basyir di Libanon. Khilafah mulai lemah dirongrong oleh nasionalisme.
1835 ¤ Sekelompok Yahudi membeli tanah di Palestina, dan lalu mendirikan sekolah Yahudi pertama di sana.Sponsornya adalah milyuner Yahudi Inggris, Sir Moshe Monteveury.Anggota Free Masonry.Ini adalah pertama kalinya sekolah berikulum asing di wilayah khilafah.

1838 ¤ Inggris membuka konsulat di Yerusalem yang merupakan perwakilan Eropa pertama di Palestina.
1849 ¤ Kampaye mendorong imigrasi orang Yahudi ke Palestina baru sekitar 12000. Pada tahun 1948 jumlahnya sudah 716.700, pada 1964 sudah hampir 3 juta.
1882 ¤ Imigrasi besar-besaran orang-orang yahudi ke Palestina yang berselubung agama,simpati dan kemanusiaan bagi penderitaan Yahudi di Eropa saat itu.

1891 ¤ Para penduduk Palestina mengirim petisi kepada khilafah, menuntut dilarangnya imigrasi besar-besaran ras Yahudi ke Palestina.Sayang saat itu khilafah sudah 'sakit-sakitan' (dijuluki "the sick man Bosporus"). Dekadensi pemikiran meluas, Walau Sultan Abdul Hamid sempat membuat terobosan dengan modernisir infrastruktur,termasuk memasang jalur kereta api dari Dasmaskus ke Madinah via Palestina!!Sayang,sebelum selesai Sultan Abdul Hamid dipecat oleh Syaikul Islam(Hakim Agung) yang telah dipengaruhi Inggris. PD-I meletus, dan jalur kereta api dihancurkan.


Tidak ada komentar: