Selasa, 22 Juni 2010

PALESTINA - ISRAEL 1
Dari Masa ke Masa

Konflik Palestina dengan Israel sudah berusia puluhan tahun. Sampai saat ini pun perdamaian seakan menjadi FATAMORGANA. Untuk memahami konflik ini ada baiknya kita melihat ke belakang. Almanak kali ini menampilkan sejarah konflik itu.


2000 SM - 1500 SM ¤ IBRAHIM AS. melahirkan ISMAIL AS. (bapak bangsa Arab) dan ISHAK AS. Ishak melahirkan YA'KUB AS.alias Israel. Ya'kub punya anak YUSUF AS., yang ketika kecil dibuang oleh saudaranya, namun belakangan menjadi bendahara kerajaan Mesir. Ketika dilanda paceklik, Ya'kub as. sekeluarga atas undangan Yusuf berimigrasi ke mesir. Populasi anak keturunan Israel (bani Israel atau bangsa Israel) membesar.
1550 SM - 1200 SM ¤ Politik di Mesir berubah. Bani Israel dianggap problem, dan akhirnya oleh FIR'AUN statusnya diubah menjadi budak.

1200 SM - 1100 SM ¤ MUSA AS. memimpin bangsa Israel meninggalkan Mesir, mengembara di padang Sinai menuju tanah yang dijanjikan, bila mereka taat kepapa Allah. Namun saat mereka diperintah memasuki Filistin (Palestina), maka mereka membandel dan mengatakan: "Hai Musa, kami sekali-kali tidak akan memasukinya selama-lamanya, selagi ada orang yang gagah perkasa didalamnya, karena itu pergilah kamu bersama Rabbmu, dan berperanglah kamu berdua, sesungguhnya kami hanya duduk menanti disini saja".(QS. 5:24)
Akibatnya mereka dikutuk dan hanya berputar-putar saja di sekitar Palestina. Belakangan agama Musa disebut "Yahudi"-menurut nama salah satu marga Israel yang paling banyak berketurunan, yakni Yehuda, dan bani Israel -tanpa memandang warga negara atau tanah air -disebut juga orang-orang Yahudi.

1000 SM - 922 SM ¤ DAUD AS. mengalahkan Goliath dari Filistin. Palestina berhasil direbut. Daud dijadikan raja. Wilayah kerajaannya membentang dari tepi Nil hingga Efrat di Iraq. Sekarang ini Yahudi tetap memimpikan kembali kebesaran Israel raya raja Daud. Bendera Israel adalah dua garis biru (Nil dan Efrat) dan bintang Daud. Daud diteruskan SULAIMAN AS. Masjidil Aqsha dibangun.

922 SM - 800 SM ¤ Sepeninggalan Sulaiman, Israel dilanda perang saudara yang berlarut, hingga kerajaan tersebut terbelah dua: utara bernama Israel beribukota Samaria dan selatan bernama Yehuda beribukota Yerusalem.
800 SM - 600 SM ¤ Karena kerajaan Israel sudah terlalu durhaka kepada Allah swt maka kerajaan tersebut dihancurkan lewat penyerangan kerajaan Asyiria. "Sesungguhnya Kami telah mengambil perjanjian bani Israel, dan telah Kami utus kepada mereka rasul-rasul. Tetapi setiap datang seorang rasul kepada mereka dengan membawa apa yang tidak diingini hawa napsu mereka, maka sebagian rasul-rasul itu mereka dustakan atau mereka bunuh (QS. 5:70)
Hal ini juga bisa dibaca di Bible: Kitab Raja-raja ke-I 14:15 dan Kitab Raja-raja ke-II 17:18.

600 SM - 500 SM ¤ Kerajaan Yehuda dihancurkan lewat tangan Nebukadnezer dari Babylonia. Dalam Bible Kitab Raja-raja ke-II 23:27 dinyatakan bahwa mereka tidak mempunyai hak lagi atas Yerusalem. Mereka diusir dari Yerusalem dan dipenjara di Babylonia.

500 SM - 400 SM ¤ Cyrus Persia meruntuhkan Babylonia dan mengizinkan bani Israel kembali ke Yerusalem.
330 SM - 322 SM ¤ Israel diduduki Alexander Agung dari Macedonia (Yunani). Ia melakukan hellenisasi terhadap bangsa-bangsa taklukannya. Bahasa Yunani menjadi Bahasa resmi Israel, sehingga nantinya Injil pun ditulis dalam Bahasa Yunani, dan bukan bahasa Ibrani.
300 SM - 190 SM ¤ Yunani dikalahkan Romawi. Maka Palestina pun dikuasai imperium Romawi.

1 - 100 ¤ NABI ISA AS. (Yesus) lahir, kemudian menjadi pemimpin gerakan melawan penguasa Romawi. Namun selain dianggap subversi oleh penguasa Romawi (dengan ancaman hukuman tertinggi yaitu disalib), ajaran Yesus sendiri ditolak oleh para rabi Yahudi. Namun setelah Isa tiada, bangsa Yahudi memberontak terhadap Romawi.
100 - 300 ¤ Pemberontakan berulang . Akibatnya Palestina dihancurkan dan dijadikan area bebas Yahudi. Mereka dideportasi keluar Palestina dan terdiaspora ke segala penjuru imperium Romawi. Namun demikian tetap ada sejumlah kecil pemeluk Yahudi yang tetap bertahan di Palestina. Dengan masuknya Islam serta dipakainya bahasa Arab di kehidupan sehari-hari, mereka lambat laun terarabisasi atau bahkan masuk Islam.

313 ¤ Pusat kerajaan Romawi dipindah ke Konstantinopel dan Agama Kristen dijadikan agama negara.
500 - 600 ¤ Bangsa Yahudi merembes ke semenanjung Arabia (di antaranya Khaibar dan sekitar Madinah), kemudian berimigrasi dalam jumlah besar ke daerah tersebut ketika terjadi perang antara Romawi dan Persia. ¤

Tidak ada komentar: