Minggu, 07 November 2010

Sejarah Ringkas Imam Madzhab Empat

¤ Imam Abu Hanifah.
Lengkapnya: Abu Hanifah Nu'man ibn Tsabit At-Taimi (80-150 H = 699-767 M), lahir dan bermukim di Kufah. Dalam zamannya beliau terkenal sebagai seorang sarjana dan maha-guru yang luas ilmu pengetahuannya terutama di bidang Hukum. Beliau hidup dalam dua dinasti, Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah. Tapi samasekali tidak turut aktif dalam gerakan politik. Gubenur Irak Yazid ibn Hubairah, zaman Khalifah Marwan ibn Muhammad dari dinasti Umayyah, akan mengangkat Abu Hanifah menjadi hakim, tetapi beliau tolak dengan tegas, sebab itu beliau disiksa. Hal yang sama pula ketika kerajaan Abbasiyah telah berdiri, Khalifah Al-Mansur memanggil beliau ke Bagdad dan kemudian akan diangkat menjadi hakim kerajaan, beliaupun menolak. Karena itu pula beliau harus dihukum dan disiksa.

Abu Hanifah telah mengabdikan hidupnya dalam studi Hukum Islam dan memberikan kuliah-kuliah kepada para mahasiswanya. Beliau meninggakan sebuah buku yang dinamai "Al-Fiqh al-Akbar". Karya beliau dapat dihargai dengan sesungguhnya karena beliaulah orang pertama yang mencoba mengkodifisir Hukum Islam dengan memakai qiyas sebagai dasarnya. Dalam menetapkan Hukum-hukum, Abu Hanifah menggunakan dasar-dasar : Qur'an, sunnah, pendapat-pendapat para sahabat, qiyas, istihsan dan tradisi masyarakat.

Beliau telah dianggap sebagai pembangun suatu Madzhab dimana mempunyai pengikut-pengikut yang tersebar di dunia, utamanya di Turki, Pakistan, Afganistan, Transyordania, Indo Cina, Cina dan Soviet Rusia.

¤ Imam Malik ibn Anas.
(95-179 H - 713-789 M), bediam dan hidup di Madinah. Beliau menuntut ilmu dikota itu, kemudian menjadi ulama besar yang berpengaruh luas. Imam Malik memiliki dua keistimewaan yang melebihi para ulama dalam zamannya, yaitu Spesialis dalam Ilmu Hadist dan memangku jabatan sebagai Mufti. Karyanya yang bernama "Al-Muwaththa", yaitu kumpulan Hadist-hadist yang disusunnya. Malik menduduki tempat yang penting dalam mengajarkan Hadist. Di samping itu beliau memberi fatwa dan mengajar Hukum-hukum berdasar hasil ijtihadnya sendiri.

Banyak mahasiswa bahkan ulama-ulama yang datang belajar kepadanya, termasuk Imam Syafi'i. Dalam menetapkan Hukum, beliaupun menggunakan qiyas walaupun dalam arti yang lebih sedikit daripada Abu Hanifah. Sebagaimana Abu Hanifah, beliau juga telah membentuk Madzhab Fiqhi. Pengikut -pengikutnya sudah barang tentu paling banyak di kota sendiri di Madinah. Sekarang ini pengikut-pengikutnya tersebar di Maroko, Al-Jazair, Tunis, Sudan, Kuwait dan Bahrain.

¤ Imam Asy-Syafi'i.
Lengkapnya, Muhammad ibn Idris Asy-Syafi'i (150-204 H = 757-820 M). Dilahirkan di Gaza dan meninggal di Kairo kuno.

Beliau punya hubungan silsilah kefamilian dengan Nabi, dari keturunan Muttalib ibnu Abdil Manaf, dilahirkan sebagai seorang yatim. Sejak kecil beliau tumbuh dan menuntut ilmu di Makah, bersama dengan ibunya dia hidup dalam keluarga miskin. Sejak usia yang masih sangat muda, dia telah menhapal Al-Quran lengkap 30 juz, terkenal sebagai seorang jenius, memiliki kecerdasan yang luar biasa. Pernah pula beliau belajar tentang Hadist pada Imam Malik di Madinah dan dalam waktu yang singkat Kitab Imam Malik yang bernama Al-Muwathatha itu terhapal semua.

Terhadap semua pengetahuan yang berhubungan dengan Quran, Sunnah, ucapan-ucapan para sahabat, sejarah serta pendapat-pendapat yang berlawanan daripada para ahli dan sebagainya. Diaduknya dengan sempurna dengan pengetahuannya dan mendalam tentang bahasa Arab yang dari gurun pasir itu, baik dalam ilmu bahasanya, nahwunya, sarafnya, dan sya'irnya. Iman Ahmad ibnu Hambal, dengan segenap kejujuran berkata: "Asy-Syafi'i bagi umat ini, ibarat matahari bagi bumi dan laksana kesehatan bagi tubuh ; siapa yang akan dapat mengantikannya?"

Di forum-forum diskusi, beliau termasuk seorang yang ulet dengan argumentasi-argumentasi yang sukar dipatahkan.

Asy-Syafi'i termasuk orang yang mujur hidupnya dalam bidang ilmiah. Beliau muncul setelahnya tersusun kodifikasi syari'ah menurut sistem-sistem yang teratur dalam bentuk yang rapi. Dengan demikian beliau mudah mempelajari buah-buah pikiran dari orang-orang terdahulu dan belajar langsung dari mahaguru-mahaguru terkemuka. Sebab itu beliau akhirnya dapat mencapai suatu prestasi yang tinggi dalam bidang ilmiah, beliau telah mampu merumuskan suatu metode yang mempersatukan Quran, Sunnah, Ijma', dan Qiyas.

Berbeda dengan Abu Hanifah sebagai seorang ahli metode berfikir dan lebih menyutujui hal itu. Namun demikian beliau seorang yang luas pandangan, ilmu dan pengalaman. Beliau juga menguasai Fiqhi sarjana-sarjana dan ulama-ulama Hijaz dan Fiqhi sarjana-sarjana Irak. Sebat itu ketika Asy-Syafi'i muncul di Bagdad, maka ajarannya segera mendapat pengikut.

Asy-Asyafi'i mempunyai dua qaul (pendapat). Pertama, ketika beliau bermukim di bagdad, namanya Qaul Qadiem (pendapat kuno). Kedua, ketika beliau tinggal di Mesir, namanya Qaul Jadid (pendapat baru).

Tidak terhitung banyaknya ulama yang datang belajar pada beliau. Selama hayatnya beliau telah menulis sejumlah 113 buah kitab-kitab tentang Tafsir, Fiqhi, Kesusasteraan dan lain-lainya. Antara lain Kitab yang paling terkenal ialah Kitab "Al-Um". Para pengikutnya terdapat di :Indonesia, Malaysia, Palestina, Libanon, Mesir, Irak, Saudi Arabia, Yaman dan Hadramaut. Jumlah mereka sekarang lebih dari 125 juta jiwa.

¤ Imam Ahmad Ibn Hambal.
(164-241 H = 780-855 M). Madzhabnya bernama Madzhab Hambaly. Beliau terkenal ahli dalam Hadist, Fiqhi dan Theologi, dilahirkan di Bagdad. Waktu Asy-Syafi'i meninggalkan Bagdad, dia berkata: "Saya tidak meninggalkan di Bagdad orang yang lebih utama, alim dan lebih cerdas selain dari Ahmad ibn Hambal". Pertama kali beliau belajar pdan Imam Asy-Syafi'i, dan setelah cukup ilmu dan peralatannya lalu berijtihad, merintis suatu Madzhab tersendiri.

Seperti Imam-imam Madzhab yang terdahulu, banyak sebagai seorang yang teguh pendirian dan keras mempertahankannya. Waktu itu yang menyebabkan Khalifah Al-Makmun menyiksa dan menghukumnya, yaitu dalam hal perbedaan pendapat tentang qadim atau barunya Al-Quran. Menurut Al-Makmun, sebagaimana pendapat Mu'tazilah yang menjadi madzhab kerajaan waktu itu, bahwa Quran itu makhluk, sebab itu ia adalah baharu (huduts). Pendapat mana dipaksakan oleh Al-Mukmun, tetapi Imam Ahmad secara tegas dan konsekwen menolaknya.

Imam Ahmad banyak menulis buku-buku yang berharga. Nampaknya di antara sekian banyak ilmu pengetahuannya, beliau lebih terkemuka sebagai spesialis dalam Hadist. Beliau telah menyusun sebuah Musnad, yang mana karya itu di di dalamnya terkumpul Hadist-hadist yang tidak dikemukakan oleh ulama lainya. Buku tersebut berisi 40.000 buah Hadist. Para pengikut Imam Ahmad pada umumnya terdapat di Saudi Arabia, Libanon dan Syiria.

Wabillahil hidayah wa-taufieq.

__________________________________________________
Apakah Anda Yahoo!?
Lelah menerima spam? Surat Yahoo! memiliki perlindungan terbaik terhadap spam
http://id.mail.yahoo.com

Tidak ada komentar: